Selasa, 15 Mei 2012

SOAL-SOAL & JAWABAN


1. Apa yang saudara ketahui tentang Manajemen?

Manajemen adalah suatu proses dimana seorang manajer dituntut untuk mengatur kegiatan agar dapat mengambil keputusan yang terbaik melalui kerjasama dengan orang lain tanpa harus mengabaikan sumber-sumber dan waktu yang tersedia dengan percuma agar tercapainya tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya untuk hasil yang memuaskan.


2. Sebutkan dan Jelaskan Fungsi-fungsi Manajemen!

1. Membuat Perencanaan (Planning)
Menyatukan berbagai pikiran dan pendapat, menduga dan mereka-reka kegiatan, menentukan prioritas dan pilihan, kegiatan bersifat non fisik ini diperlukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan sasaran organisasi.

2. Mengatur Pengorganisasian (Organizing)
Proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit kerja dan fungsinya sesuai dengan keahlian, penempatan orang yang tepat agar pelaksanaan pembagian kerja sesuai dan tepat sasaran dengan perencanaan yang telah dibuat, dalam penempatan orang atau staf diharapkan objektif agar dapat meningkatkan efisiensi dalam bekerja.

3. Memberikan Motivasi (Motivating)
Membina, mendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai, memberikan rangsangan baik bersifat rohaniah atau jasmaniah. Rohaniah: Kenaikan pangkat bagi pekerja giat, Pendidikan dan pengembangan karir, pemberian cuti, penambahan pengalaman, penyelenggaraan human relation dengan tepat.
Jasmaniah: Sistem Upah gaji yang menggairahkan, pemberian tunjangan, distribusi sandang pangan, penyediaan fasilitas rumah, kendaraan dan jaminan pemeliharaan kesehatan.
Semua ini dilakukan demi semangat bekerja sama yang lebih produktif.

4. Melakukan Pengendalian (Controlling)
Mengadakan pengawasan, penyempurnaan, evaluasi agar tujuan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan, mengetahui sampai sejauh mana pekerjaan dijalankan, seberapa besar sumber dimanfaatkan setelah diketahui kemudian dapat dikoreksi, apa yang harus dilakukan selanjutnya.


3. Sebutkan Faktor-faktor produksi (sumber-sumber) Organisasi & Metode!

1. Manusia atau Tenaga Kerja (Man/Man Power)
2. Uang atau Biaya (Money)
3. Bahan-bahan atau Material (Materials)
4. Mesin dan Peralatan (Mechines & Equipment)


4. Apakah Manajemen, Organisasi serta Metode mempunyai kaitan dan hubungan?Jelaskan menurut pendapat saudara!

Tentu. Karena dalam suatu kegiatan yang tengah dilakukan, Manajemen, Organisasi serta Metode saling berkaitan dan saling membutuhkan agar dapat berkembang untuk tercapainya keberhasian suatu tujuan kegiatan. Oleh karena itu Manajemen, Organisasi serta Metode tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar